fbpx

 

Perusahaan Jasa Adalah: Karakteristik dan Cara Mendirikan

Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik atau tidak berwujud, melainkan berupa layanan yang konsumen butuhkan. Layanan tersebut dapat berupa keahlian yang dimiliki. Selain itu, yang dimaksud dengan perusahaan jasa adalah mempunyai aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan dari layanan jasa yang ditawarkan. Ketahui apa itu perusahaan dagang!

 

Karakteristik Perusahaan Jasa

Berikut ini karakteristik perusahaan jasa, antara lain:

  • Produk yang Ditawarkan Non Fisik

Perusahaan jasa tidak memiliki produk fisik, melainkan nonfisik berupa jasa atau layanan.

  • Aktivitas Utama Menjual Jasa

Sesuai dengan namanya, bisnis di bidang jasa ini mempunyai aktivitas utama menjual jasa. 

  • Tidak Mempunyai Harga Pokok Penjualan (HPP)

Perusahaan ini tidak memproduksi barang sehingga tidak membutuhkan bahan baku produksi. Karena itu, tidak mempunyai HPP.

  • Tidak ada Persediaan Stok

Karena bisnis ini berupa jasa, maka  perusahaan tidak mempunyai produk. Oleh karena itu, tidak membutuhkan persediaan stok. Selain itu, layanan harus diberikan atas permintaan konsumen.

  • Tidak Ada Kepemilikan Barang

Di dalam perusahaan jasa tidak ada kepemilikan barang. Ini yang membedakannya dengan perusahaan dagang. Konsumen dapat menggunakan utilitas setelah pembayarannya selesai. Ketahui perbedaan antara perusahaan jasa dengan perusahaan dagang!

  • Produksi dan Konsumsi Berjalan Bersama

Perusahaan jenis ini tidak mempunyai produk fisik. Kerena itu tidak dapat menyimpan sebelum didistribusikan atau dikonsumsi. 

Jasa Pendirian Perusahaan - Green Permit

Jenis dan Contoh Perusahaan Jasa

Di Indonesia ada bermacam-macam perusahaan jasa, antara lain:

  • Jasa Pendidikan

Jenis perusahaan ini bergerak di bidang pendidikan. Contohnya adalah lembaga kursus dan bimbingan belajar. Seiring berjalannya waktu, bimbingan belajar pun tidak harus bertemu di kelas, tetapi bisa secara online, bahkan perusahaan membuat aplikasi untuk mempermudah para murid belajar.

  • Jasa Keuangan

Selanjutnya, perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan. Perusahaan ini banyak kita temui saat ini. Contoh perusahaan jasa keuangan adalah Kantor Akuntan Publik (KAP), bank, pegadaian, dan perusahaan asuransi.

  • Jasa Kesehatan

Di saat pandemi, perusahaan yang bergerak di bidang ini yang paling masyarakat minati. Hal ini karena masyarakat sangat membutuhkan jasa kesehatan saat ini, terutama saat pendemi. Contohnya adalah puskesmas, rumah sakit, klinik dan BPJS.

  • Jasa Pendirian Perusahaan

Kemudian, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendirian perusahaan. Sejalan berkembangnya usaha dan maraknya UMK / UMKM di Indonesia, jasa pendirian perusahaan juga para pelaku usaha butuhkan. Contoh perusahaan jasa adalah GreenPermit.id yang bergerak di bidang jasa, salah satunya pendirian perusahaan. Bagi yang ingin mendirikan perusahaan, ketahui cara mendirikan PT dan cara mendirikan CV.

  • Jasa Perizinan

Mengurus perizinan menjadi kegiatan yang mutlak dilakukan oleh para pelaku usaha. Pasalnya, tanpa izin, usaha atau perusahaan tidak bisa beroperasi. Cakupan perizinan yang ditangani pun cukup beragam, di antaranya izin usaha industri, izin Tenaga Kerja Asing, pendaftaran HAKI dan sebagainya.

  • Jasa Transportasi

Selanjutnya, perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi yang terdiri dari darat, udara dan laut. Contohnya adalah PT KAI, PT Pelni dan Garuda Indonesia.

  • Jasa Telekomunikasi

Di era digital seperti saat ini, jasa telekomunikasi juga sangat masyarakat minati. Apa jadinya bila tidak ada perusahaan yang bergerak di bidang ini, alhasil komunikasi tidak bisa berjalan. Contohnya adalah Telcom.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

 

Manfaat Ekonomi

Kehadiran perusahaan jasa di Indonesia memberikan sejumlah manfaat, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Perusahaan di bidang ini memberikan angin segar bagi pertumbuhan ekonomi. Hal ini karena bisnis di bidang ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan sangat masyarakat minati. Dengan begitu memberikan iklim ekonomi yang sehat untuk para investor berinvestasi.

  • Sumber Penghasilan Negara

Dengan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), perusahaan berkewajiban melakukan pembayaran pajak kepada pemerintah. Bagi Anda yang belum memiliki NPWP dan ingin mengurusnya, kenali panduan lengkap NPWP!

  • Membuka Lapangan Pekerjaan

Perusahaan yang berdiri pastinya menyerap banyak tenaga kerja. Aktivitas ini memberikan nilai positif karena dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

 

Cara Mendirikan Perusahaan Jasa

Untuk mendirikan perusahaan jasa, tergantung jenis badan hukum yang ingin jalankan. Perusahaan dibangun dengan persekutuan modal dan didirikan berdasarkan perjanjian, maka Anda dapat mendirikan Perseroan Terbatas (PT). Namun, kenali dulu syarat dan prosedur mendirikan PT

Sedangkan, perusahaan dibangun dengan suatu badan usaha persekutuan yang dibentuk oleh seorang atau lebih. Selain itu, mempercayakan dana atau asetnya dikelola oleh perusahaan secara bersama-sama untuk mencapai laba / keuntungan. Dengan ini, Anda dapat mendirikan Commanditaire Vennootschap (CV) atau Persekutuan Perdata. Untuk itu, perlunya mengetahui syarat dan prosedur mendirikan CV.

 

FAQ (Frequently Asked Question)

Apakah yang dimaksud usaha jasa?

Usaha jasa adalah usaha yang tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik atau tidak berwujud, melainkan berupa layanan yang konsumen butuhkan. 

Apa Contoh usaha jasa?

Contoh usaha jasa antara lain salon kecantikan, guru, dosen, penjahit, laundry dan sebagainya.

 

Itulah pembahasan tentang perusahaan jasa. Bila ditelusuri perusahaan ini memberikan peranan yang penting dari beberapa segi, baik di mata masyarakat maupun pemerintah. Bagi Anda yang ingin mendirikan perusahaan, tetapi tidak mempunyai waktu untuk mengurusnya, GreenPermit.id dengan jasa pendirian perusahaan bersama tim profesional siap membantu.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

 

Author: Uswatun Hasanah

GreenpermitKantor Kami
Secara profesional memberikan inovasi yang komprhensif melalui program dan layanan kami.
KoneksiIkuti Lini Masa Kami
Maksimalkan perkembangan tekhnologi untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan anda.

Copyright by Greenpermit.id. All rights reserved for PT Sam Konsultan Legal

Open chat
💬 Need help?
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?