fbpx

 

Mau Karya Cipta Anda Aman? Kenali HAKI Lebih Detail!

Saat memulai atau menjalankan usaha, sudah suatu keharusan untuk Anda mengetahui HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Hal ini karena agar karya yang Anda hasilkan tidak merugikan atau dirugikan orang lain. Berikut ini ulasannya!

Pengertian HAKI

Hak atas Kekayaan Intelektual atau HAKI adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sejumlah orang atas karya ciptanya. Hak atas kekayaan ini berasal dari kemampuan intelektual manusia untuk menghasilkan suatu produk, jasa atau proses yang bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat. 

Dengan demikian, HAKI atau HKI (Hak Kekayaan Intelektual) merupakan hak untuk menikmati secara ekonomis dari kemampuan intelektual tersebut. 

 

Regulasi HAKI

Pemerintah telah mengatur sejumlah peraturan terkait HAKI, di antaranya adalah:

Hak Cipta

  • UU No.28 / 2014 Tentang Hak Cipta
  • PP No.1 / 1989 Tentang Penerjemahan dan/atau Perbanyakan Ciptaan untuk Kepentingan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Penelitian dan Pengembangan

Paten

  • UU No. 13 / 2016 tentang Paten
  • PP No. 27 / 2004 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Paten oleh Pemerintah
  • PP No. 34 / 1991 Tentang Tata Cara Permintaan Paten
  • Permen Hukum dan HAM No. 38 / 2018 Tentang Permohonan Paten

Merek

  • UU No. 20 / 2016 Tentang Merek
  • PP No. 24 / 1993 Tentang Kelas Barang atau Jasa Bagi Pendaftaran Merek
  • Permen Hukum dan HAM RI No. 67 / 2016 Tentang Pendaftaran Merek

Desain Industri

  • UU 31 / 2000 Tentang Desain Industri
  • Penjelasan UU No. 31 / 2000 tentang Desain Industri
  • PP No. 1 / 2005 Tentang Pelaksanaan UU No. 31 / 2000 Tentang Desain Industri

 

Fungsi HAKI

Berikut ini fungsi HAKI, di antaranya adalah:

  • Mencegah Pelanggaran Hak Cipta

Karya yang sudah terdaftar di HAKI, maka tidak ada satu orang pun yang bisa mengklaim karya tersebut. Hanya orang pertama yang mendaftar yang berhak atas karya tersebut. Dengan begitu, mencegah adanya pelanggaran hak cipta.

  • Perlindungan Hukum terhadap Pemilik dan Karya Cipta

Dengan mendaftarkan karya Anda ke HAKI, Anda sebagai pemilik akan mendapatkan perlindungan hukum terhadap karya yang Anda hasilkan. 

  • Meningkatkan Daya Saing

Karya yang sudah terdaftar tidak bisa diduplikasi oleh siapa pun tanpa seizin pemilik hak cipta, termasuk karya di bidang intelektual. Hal ini memberikan rasa aman bagi pemilik karya. Dengan begitu, memberikan motivasi untuk terus berkarya dan berinovasi. Yang pada akhirnya meningkatkan daya saing.

  • Menambah Pangsa Pasar

Inovasi yang terus Anda bangun akan akan menghasilkan karya yang luar biasa, menjadikan karya terus semakin luas menjangkau pasar.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

Mau Hasil Karya Anda Aman Kenali HAKI Lebih Detail - Jasa Pendaftaran Merek - Green Permit

 

Jenis HAKI

HAKI terbagi menjadi 2 jenis HAKI secara garis besar, di antaranya adalah:

Hak Cipta (Copyright)

Hak cipta adalah hak eksklusif atau khusus yang dimiliki oleh pemegang hak cipta untuk dapat mengumumkan, memperbanyak, bahkan memberi izin kepada pihak lain untuk dapat menggunakan karyanya. Untuk ruang lingkup objek yang pemerintah lindungi terbilang luas, termasuk dari bidang ilmu pengetahuan, kesusastraan dan kesenian serta program komputer. Mau daftar hak cipta? Ketahui syarat dan cara pendaftaran hak cipta!

 

Hak Kekayaan Industri

Hak kekayaan industri terdapat beberapa cakupan, di antaranya:

  • Paten

Hak Paten adalah hak khusus / eksklusif yang diberikan kepada penemu atas hasil invensinya di bidang teknologi. Penemuan dalam hal ini adalah kegiatan pemecahan masalah di bidang teknologi berupa: proses, hasil produksi, pengembangan dan penyempurnaan proses, serta pengembagan dan penyempurnaan hasil produksi.

  • Rahasia Dagang (Trade Secret)

Rahasia dagang adalah informasi di bidang teknologi dan/atau bisnis yang publik tidak ketahui karena memiliki nilai ekonomi dalam kegiatan usaha sehingga dijaga kerahasiaannya oleh pemilik rahasia dagang.

  • Merek

Hak Merek merupakan tanda berupa nama, kata, gambar, huruf-huruf, susunan warna, angka-angka, atau gabungan dari unsur-unsur tersebut yang mempunyai daya pembeda dan digunakan untuk kegiatan perdagangan barang atau jasa. Ruang lingkup merek ada dua jenis, yaitu merek dagang (trade mark) dan merek jasa (serviced mark). Keduanya penting ketika Anda menjalankan usaha. Ketahui cara mendaftarkan merek dagang dengan mudah!

  • Indikasi Geografis

Indikasi geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang karena faktor geografis, termasuk faktor manusia, alam atau kombinasi keduanya. Hal ini memberikan kualitas dan ciri pada barang yang Anda hasilkan.

  • Desain Industri

Hak Desain industri adalah sebuah hasil kreasi tentang bentuk, konfigurasi atau komposisi warna atau garis, atau warna dan garis atau gabungan. Kreasi ini berbentuk dua atau tiga dimensi yang memberikan kesan estetis serta dapat direalisasikan dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Selain itu, kreasi ini bermanfaat untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau pun kerajinan tangan.

  • Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (Layout Design of Integrated Circuit)

Sirkuit terpadu ialah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi, yang di dalamnya terdapat banyak elemen yang saling berkaitan di dalam sebuah bahan semikonduktor untuk menghasilkan fungsi elektronik.

Jenis-Jenis Hak Kekayaan Intelektual - Jenis HAKI - Jenis HKI - Green Permit - greenpermit.id

 

Simbol-Simbol HAKI

Pasti di antara kita sudah tidak asing dengan beberapa simbol HAKI berikut ini. Namun, apakah Anda mengetahui jelas makna dari simbol tersebut. Nah, berikut ini simbol-simbol HKI:

  • Trade Mark (™)

Simbol ini ™ artinya produk atau merek tersebut sedang menjalani proses perpanjangan masa HKI atau proses pengajuan kepemilikan.

  • SM (Service Mark)

Simbol ini SM, artinya simbol dari kepemilikan HAKI yang menandakan suara tertentu. Misalnya, suara unik yang ada pada sebuah film sehingga suara unik ini tidak bisa film lain gunakan tanpa seizin pemilik. Kenali apa itu merek jasa, syarat dan cara mendaftarkannya!

  • R (Registered Mark)

Simbol ini R artinya suatu produk atau merek tersebut sudah terdaftar HAKI-nya.

  • © (Copyright)

Selain itu, simbol © ini menandakan kepemilikan hak cipta atau copyright. Jadi, bila pihak lain menggunakannya, harus mencantumkan nama pemilik hak cipta.

 

Prinsip HKI

HKI mempunyai 4 prinsip, di antaranya:

  • Prinsip Ekonomi

Hak kekayaan intelektual dalam prinsip ekonomi artinya HKI mempunyai manfaat serta nilai ekonomi yang memberikan keuntungan kepada pemilik hak cipta. 

  • Prinsip Keadilan

HKI dalam prinsip keadilan artinya adanya perlindungan hukum bagi pemilik hak cipta sehingga mempunyai kekuasaan dalam penggunaan hak atas kekayaan intelektual terhadap karyanya.

  • Prinsip Kebudayaan

HKI dalam prinsip kebudayaan adalah pengembangan dari ilmu pengetahuan, seni, dan sastra untuk meningkatkan taraf hidup dan keuntungan bagi masyarakat dan negara.

  • Prinsip Sosial

HAKI dalam prinsip sosial adalah hak yang diterbitkan atas suatu karya menjadi satu kesatuan yang diberikan perlindungan berdasar pada keseimbangan individu dan masyarakat / lingkungan.

 

Contoh HAKI

Berikut ini contoh HAKI, di antaranya adalah seni batik, drama, tarian, lagu atau musik, alat peraga, fotografi, program komputer, desain industri dan sebagainya.

 

Kisaran Biaya Pendaftaran HAKI

Selain itu, untuk biaya Pendaftaran Merek dari Green Permit berkisar mulai Rp 2-3,5 juta dan Jasa Pendaftaran Hak Cipta mulai dari Rp 3-5 juta. Selanjutnya, untuk Pendaftaran Desain Industri Rp 4 juta. 

Itulah penjelasan tentang HAKI atau HKI. Setelah mengetahui seluk-beluk HAKI, sebaiknya Anda segara mendaftarkan karya cipta Anda.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

 

Author: Uswatun Hasanah

GreenpermitKantor Kami
Secara profesional memberikan inovasi yang komprhensif melalui program dan layanan kami.
KoneksiIkuti Lini Masa Kami
Maksimalkan perkembangan tekhnologi untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan anda.

Copyright by Greenpermit.id. All rights reserved for PT Sam Konsultan Legal

Open chat
💬 Need help?
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?