fbpx

 

Kelebihan dan Kekurangan Firma Apa Saja?

Sudah tahu kelebihan dan kekurangan firma? Sebelum menentukan badan usaha yang Anda jalankan, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan kekurangannya. Hal ini agar Anda dapat mengukur apakah jenis perusahaan firma sesuai dengan bisnis yang ingin Anda jalankan. Berikut ini ulasannya!

Apa Itu Firma?

Firma adalah perusahaan yang didirikan atas dasar kesepakatan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha dengan menggunakan nama bersama.

Berdasarkan Pasal 16-35 KUHD, “firma (venootschaap onder firma) adalah suatu perseroan yang didirikan untuk melakukan suatu usaha di bawah suatu nama bersama.”

Selain itu, di dalam badan usaha firma, semua anggota mempunyai tanggung jawab penuh pada perusahaan tersebut karena untuk mendirikan firma berasal dari patungan para anggotanya.

 

Kelebihan Firma

Dengan membangun badan usaha firma, ada sejumlah keuntungan firma yang Anda dapatkan. Hal ini tentunya membantu usaha berjalan dengan lancar. 

  • Sistem Pengelolaan Profesional

Badan usaha firma mempunyai sistem pengelolaan yang lebih professional. Hal ini karena terdapat pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas pada setiap struktur organisasinya untuk kemajuan perusahaan.

 

  • Kemampuan Manajemen Lebih Besar

Seluruh anggota pada badan usaha firma terlibat untuk menyusun strategi perusahaan sehingga firma berpotensi mempunyai tim manajemen yang kuat. Selain itu, manajemen firma lebih teratur karena setiap orang berperan sesuai dengan keahlian pada bidang masing-masing.

 

  • Pemilihan Pemimpin berdasarkan Keahlian

Untuk pemilihan pemimpin di dalam badan usaha firma, dilakukan sesuai dengan keahlian masing-masing. Bahkan, usaha firma mempunyai lebih dari satu pemimpin.

 

  • Kemampuan Pembentukan Modal Lebih Besar

Badan usaha firma memiliki kemampuan membentuk atau menambah modal perusahaan lebih besar. Hal ini karena pemilik firma lebih dari satu orang dan modal awal untuk membangun firma berasal dari patungan dari setiap anggota yang masuk menjadi ke dalam firma.

Jasa Pendirian Perusahaan - Green Permit

 

  • Keputusan berdasarkan Seluruh Anggota

Dalam mengambil keputusan di dalam badan usaha firma berdasarkan pertimbangan seluruh anggota.

 

  • Pembagian Keuntungan berdasarkan Modal yang Disetor

Terdapat pembagian keuntungan atau profit yang berdasarkan pada modal awal yang telah disetor. Selain itu, semua anggota yang menanamkan modalnya harus aktif di dalam mengelola jalannya perusahaan.

 

  • Kemudahan Mendapatkan Pinjaman Modal

Apabila firma membutuhkan pinjaman yang besar, maka dengan adanya akta notaris memudahkan pinjaman yang besar. Ketahui akta pendirian perusahaan!

 

Kekurangan Firma

Selain mempunyai kelebihan, badan usaha firma mempunyai kekurangan, antara lain:

  • Tidak Ada Pemisahan Kekayaan Pribadi

Anggota firma tidak hanya bertanggung jawab pada modal, tetapi juga pada kekayaan yang dimiliki masing-masing anggota. Oleh karena itu, apabila terjadi kebangkrutan, maka aset pribadi yang dimiliki akan digunakan untuk menjamin kerugian yang dialami perusahaan.  Begitu juga apabila satu di antara anggota firma mengalami kerugian, maka anggota lain harus menanggungnya. 

 

  • Tanggung Jawab kepemilikan Tak Terbatas

Di dalam firma, tanggung jawab kepemilikan tidak terbatas pada seluruh utang perusahaan sehingga aset pribadi yang dimiliki anggota akan digunakan untuk menutupi utang perusahaan. 

 

  • Rentan Terjadi Perselisihan

Badan usaha firma rentan terjadi perselisihan karena adanya ketidakadilan dalam pembagian keuntungan atau profit.

 

  • Timbul Konflik Kepentingan

Selain itu, di dalam kepengurusan firma, kepemimpinan dipegang lebih dari satu orang. Keadaan ini tentunya bisa menimbulkan konflik jika masing-masing pemimpin saling mendominasi. Bahkan, terkadang menimbulkan konflik kepentingan. Hal ini memberikan iklim bisnis yang tidak sehat kedepannya.

 

  • Kelangsungan Firma Tidak Terjamin

Kelangsungan perusahaan atau firma tidak terjamin karena apabila ada satu di antara anggota keluar, maka perusahaan pun bubar.

Itulah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan firma. Bila Anda membutuhkan Jasa Pendirian Perusahaan dan perizinan lainnya, GreenPermit.id bersama tim profesional siap membantu. Pengurusan yang kami jalankan sesuai dengan hukum dan aspek legalitas. 

Selain itu, kami juga menyediakan Pendirian PT dan Virtual Office yang dapat menghemat biaya operasional perusahaan.

Layanan Legalitas - GreenPermit.id

 

Author: Uswatun Hasanah

GreenpermitKantor Kami
Secara profesional memberikan inovasi yang komprhensif melalui program dan layanan kami.
KoneksiIkuti Lini Masa Kami
Maksimalkan perkembangan tekhnologi untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan anda.

Copyright by Greenpermit.id. All rights reserved for PT Sam Konsultan Legal

Open chat
💬 Need help?
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?