fbpx

 

Kriteria UMKM Terbaru setelah PP UMKM Sah Apa Saja?

Apa saja kriteria UMKM terbaru? Sebagai pelaku usaha, khususnya UMKM, penting untuk mengetahui perkembangan terbaru di dunia UMKM. Untuk itu, perlu diketahui agar usaha yang Anda jalankan sesuai peraturan yang berlaku. Berikut ini ulasannya!

Apa Itu UMKM?

UMKM adalah kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Usaha ini merupakan usaha yang sangat populer di kalangan masyarakat. Selain itu, UMKM memberikan peran yang begitu penting untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Hal ini karena usaha ini membutuhkan modal yang dapat dijangkau oleh sebagian besar masyarakat. UMKM tidak hanya dijalankan oleh individu dan rumah tangga, tetapi juga badan usaha kecil. 

 

Dasar Hukum Kriteria UMKM Terbaru

Pemerintah mengatur aktivitas UMKM dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah. Pada Februari 2021 lalu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No.7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP No. 7/2021 atau PP UMKM).

PP UMKM ini mengubah beberapa ketentuan yang sebelumnya sudah diatur dalam Undang-Undang No.20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UU UMKM).

Selain itu, PP UMKM mengatur UMKM berdasarkan kriteria modal usaha atau hasil penjualan tahunan untuk pendaftaran atau pendirian kegiatan UMKM yang didirikan setelah PP UMKM ini berlaku.

 

Kriteria Modal Usaha

Kriteria modal usaha UMKM yang baru berdasarkan PP UMKM Pasal 35 ayat (3), antara lain:

  • Usaha Mikro

Arti UMKM kategori usaha mikro adalah usaha yang mempunyai modal usaha maksimal Rp 1 miliar dan tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

  • Usaha Kecil

Kemudian, yang tergolong UMKM kategori usaha kecil adalah yang memiliki modal usaha lebih dari Rp 1 miliar – Rp 5 miliar dan tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. 

  • Usaha Menengah

Yang masuk UMKM kategori usaha menengah yaitu modal usaha lebih dari Rp 5 miliar – Rp 10 miliar dan tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

 

Kriteria Hasil Penjualan Tahunan

Selain kriteria di atas, terdapat kriteria hasil penjualan tahunan yang tertuang dalam PP UMKM Pasal 35 ayat (6), antara lain:

  • Usaha Mikro

Memiliki hasil penjualan tahunan, maksimal Rp 2 miliar.

  • Usaha Kecil

Yang tergolong usaha kecil adalah memiliki hasil penjualan tahunan Rp 2 miliar – Rp 15 miliar. 

  • Usaha Menengah

Yang masuk kriteria ini adalah usaha dengan hasil penjualan tahunan Rp 15 miliar – Rp 50 miliar.

 

Nilai nominal di atas dapat berubah berdasarkan perekonomian. Selain itu, dalam PP 7/2021 tersebut tidak hanya menggunakan kriteria modal usaha dan hasil penjualan tahunan, tetapi juga kriteria lain untuk kondisi tertentu. Contohnya adalah suatu kementerian atau institusi dapat menggunakan kriteria kekayaan bersih, nilai investasi, omzet, insentif, jumlah tenaga kerja, disinsentif, kandungan lokal, dan/atau penggunaan teknologi yang ramah lingkungan berdasarkan kriteria sektor bisnis.

 

Perbedaan Kriteria UMKM

Berikut ini perbedaan kriteria UMKM pada UU UMKM 2008 dan PP UMKM No.7/2021!

Perbedaan Kriteria UMKM - greenpermit.id

 

Apa Peran UMKM?

Usaha UMKM mempunyai peranan yang penting, antara lain:

  • Mendorong Pemerataan Ekonomi

Dengan adanya UMKM, memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha di seluruh Indonesia untuk memperbaiki ekonomi mereka. Usaha dengan modal yang dapat dijangkau oleh sebagian masyarakat Indonesia, membuat usaha ini sangat populer, bahkan di saat pandemi seperti sekarang ini. Bagi Anda yang ingin membuka usaha UMKM, ketahui Izin Usaha Mikro Kecil.

  • Membuka Kesempatan Kerja

Usaha UMKM, juga berperan membuka lapangan kerja. Hal ini sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Dengan demikian, memperbaiki taraf ekonomi masyarakat. 

  • Menyumbang Devisa Negara

Jangan salah bila usaha UMKM hanya kecil-kecilan. Di era digital seperti saat ini, pelaku UMKM dengan mudah menjangkau konsumen asing. Hal ini tentunya mendorong kegiatan ekspor yang dapat menyumbang devisa negara. 

  • Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

UMKM tersebar sampai ke pelosok daerah. Keadaan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat di pelosok daerah untuk memenuhi kebutuhannya.

 

Itulah kriteria terbaru UMKM setelah PP UMKM sah. Bila ada membutuhkan perizinan ataupun pendirian perusahaan, GreenPermit.id siap membantu bersama tim profesional.

Mau bertanya? Hubungi kami di WhatsApp

 

Author: Uswatun Hasanah

GreenpermitKantor Kami
Secara profesional memberikan inovasi yang komprhensif melalui program dan layanan kami.
KoneksiIkuti Lini Masa Kami
Maksimalkan perkembangan tekhnologi untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan anda.

Copyright by Greenpermit.id. All rights reserved for PT Sam Konsultan Legal

Open chat
💬 Need help?
Halo 👋
Bisakah kami membantu Anda?